Mengenal Profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik

(c) here
Ada yang pernah mendengar Ahli Teknologi Laboratorium Medik? Mungkin banyak yang belum tahu kalau di Indonesia ada profesi yang namanya Ahli Teknologi Laboratorium Medik.

Siapa sih mereka? Apa yang profesi ini lakukan? 

Seperti namanya, Ahli Teknologi Laboratorium Medik adalah profesi di bidang kesehatan/medis. Profesi ini bukan dokter, bukan perawat, bukan juga bidan. 

Profesi baru?

Tidak sama sekali. Ahli Teknologi Laboratorium Medik sudah ada di Indonesia sejak lama. Hanya saja tidak banyak orang yang mengenalnya bahkan masih menganggap profesi ini bagian dari perawat atau dokter. Padahal tidak demikian. Jadi Ahli Teknologi Laboratorium Medik ini mereka yang bekerja di Laboratorium. Kalau ada yang pernah berobat ke rumah sakit terus pernah periksa darah di laboratorium, berarti sudah pernah ketemu dengan mereka.



Ahli Teknologi Laboratorium Medik adalah setiap orang yang telah lulus pendidikan Teknologi Laboratorium Medik atau Analis Kesehatan atau Analis Medis dan memiliki kompetensi melakukan analisis terhadap cairan dan jaringan tubuh manusia untuk menghasilkan informasi tentang kesehatan perorangan dan masyarakat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan

Kualifikasi Ahli Teknologi Laboratorium Medik ditentukan berdasarkan pendidikan yang terdiri dari:
a. Diploma tiga sebagai Ahli Madya Teknologi Laboratorium Medik atau Analis Kesehatan atau Medis;
b. Diploma empat sebagai Sarjana Sains Terapan Teknologi Laboratorium Medik atau Analis Kesehatan atau Analis Medis.

Ahli Teknologi Laboratorium Medik dapat melakukan pekerjaannya di Laboratorium pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan primer, sekunder dan tertier.

Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dimaksud meliputi pelayanan laboratorium patologi klinik, laboratorium patologi anatomi, laboratorium mikrobiologi klinik, laboratorium parasitologi klinik, laboratorium biologi molekuler, laboratorium riset medik, laboratorium reproduksi manusia. laboratorium sitogenetik, laboratorium forensik, laboratorium penguji narkotika dan psikotropika.

Pernahkah anda bertanya keputusan diagnosis, pengobatan, dan terapi yang anda jalankan bermula dari mana?

Menurut riset, sekitar 70% keputusan medis (diagonosis, operasi/bedah, pengobatan, dan terapi) dibuat berdasarkan hasil laboratorium.

(c) here

Ahli Teknologi Laboratorium Medik adalah orang-orang di balik layar, beberapa dari mereka berhadapan langsung dengan pasien saat mengumpulkan spesimen langsung dari pasien (seperti darah dan urin) dan ada beberapa dari mereka juga yang nyaris tidak pernah dilihat dan dikenali oleh pasien dan keluarga pasien karena berada di laboratorium sepanjang hari.



Mereka yang menentukan apakah di dalam darah anda terdapat virus atau tidak, apakah tingkat gula darah anda membahayakan nyawa anda atau tidak, dan masih banyak lagi tugas mereka.

Bayangkan apa yang terjadi pada anda jika tidak ada mereka di laboratorium? 

Beberapa superhero mengenakan kostum anti peluru, topeng, dll. Beberapa superhero lagi mengenakan jas lab.

Berikut penjelasan Ketua Umum Patelki, Bapak Entuy Kurniawan tentang profesi Teknologi Laboratorium Medik


(c) Joko Widayanto

Nah, selain itu ada video lain dari luar negeri yang menggambarkan dan menjelaskan seperti apa profesi ini, apa sih yang sebenarnya mereka lakukan. 




Catatan Penting : Profesi ini tidak cocok untuk yang tidak kuat atau tidak tahan melihat darah.

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.